Jumat, 14 Oktober 2016

Fungsi Dari Ligamen

Fungsi Dari Ligamen

Ada banyak fungsi ligamen, seperti perlindungan tulang dan pembatasan atas berbagai gerakan. Baca terus untuk mengetahui berbagai fungsi ligamen dan bagaimana mereka melakukannya.


Tubuh manusia terdiri dari jaringan keras dan jaringan lunak. Kedua struktur berbagai saling terhubung satu sama lain dengan berbagai keterikatan. Ini adalah keterikatan yang berbeda yang dirancang untuk menghubungkan bagian-bagian tertentu dari tubuh satu sama lain.

Salah satu struktur pendukung tersebut adalah ligamen. Ligamen adalah band khusus jaringan berserat tangguh yang menghubungkan satu tulang ke yang lain. Ligamen biasanya memiliki elastisitas tinggi, yaitu, mereka memperpanjang dan mengubah bentuk mereka ketika berada di bawah ketegangan dan kemudian kembali ke bentuk aslinya ketika ketegangan diangkat.

Namun, ada beberapa pengecualian untuk aturan ini, seperti ligamen ovarium, ligamen putaran rahim dan ligamentum suspensorium ovarium, yang semuanya terhubung jaringan lunak tertentu untuk satu sama lain. Pengecualian lain aturan ini termasuk ligamen peritoneal dan sisa ligamen fetus. Sebagai aturan, Namun, ligamen menunjukkan struktur pendukung yang menghubungkan satu tulang yang lain.

Apa fungsi dari sebuah ligamen?


Menentukan Rentang Gerakan

Ligamen yang hadir dalam setiap sendi tubuh dan mereka bertanggung jawab untuk menentukan sejauh mana sendi dan / atau otot yang terhubung ke sendi yang dapat memperpanjang. Dengan demikian, mencegah dislokasi sendi. Juga, kapsul sendi berbasis ligamen, yang hadir dalam sendi sebagian besar sinovial, memegang tulang bersama-sama ketika sendi tertekuk atau diperpanjang. Ini membatasi kemampuan gerakan pada sendi, mencegah, hiperekstensi tulang atau sendi oleh, derajat rotasi 360 atau kurang. Jadi, singkatnya, fungsi ligamentum adalah untuk menstabilkan sendi dan membimbing mereka selama gerakan mereka.

Perlindungan Tulang dan Sendi

Salah satu fungsi ligamentum lain adalah untuk mencegah tulang dari pecah atau dengan kata lain, ligamen mencegah patah tulang. Hal ini karena ketika ada semacam ketegangan pada sendi, ligamen ‘mulur’, yaitu, sedikit berubah bentuk di bawah beban konstan dan berat. Hal ini untuk mencegah cedera bersama, seperti ligamen mencoba dan bertindak sebagai peredam kejut, dengan demikian, menghenghemat kerusakan tulang. Ini adalah salah satu fungsi ligamentum longitudinal anterior utama. Anterior ligamentum longitudinal adalah ligamentum yang berjalan di depan tulang punggung. Ini mencegah kejutan dan dampak kekuatan di belakang ketika ada perubahan mendadak dalam postur.

Proprioseptif

Salah satu fungsi yang paling diabaikan dari ligamen adalah perannya dalam mempertahankan dan homeostasis postur seorang individu, dengan bantuan proprioseptif. Ligamen jenis jaringan dan fungsi juga terkait erat. Salah satu contoh yang baik ini akan terlihat di sendi lutut. Di sini proprioseptif disediakan oleh kombinasi otot, ligamen dan reseptor yang terlibat di daerah ini. Ketika sendi dibengkokkan, itu adalah reseptor hadir di sekitar ligamen yang membuat kontraksi otot pada saat yang bersamaan, membuat orang menyadari posisi lutut dan kaki. Dengan demikian, ini adalah salah satu fungsi utama dari ligamen anterior cruciate ligament dan posterior, yang merupakan ligamen penting lutut yang menghubungkan femur ke tibia.

Banyak orang cenderung bingung antara ligamen dengan tendon. Namun, ini adalah dua struktur yang berbeda, yang menempel perdebatan keseluruhan ligamen vs tendon, karena ligamen membantu menghubungkan satu tulang dengan yang lain sedangkan tendon biasanya menghubungkan otot dengan tulang. Dengan demikian, fungsi ligamen dan tendon berfungsi berbeda. Ligamen adalah salah satu struktur yang paling umum untuk cedera ketika ada kekuatan yang bekerja pada sendi, seperti dapat diverifikasi oleh terjadinya umum ACL robek parsial. Jadi, jika seseorang menderita cedera pada sendi, maka dia harus segera dan usahakan untuk dievaluasi untuk menyingkirkan kemungkinan robek ligamen atau apapun lainnya cedera ligamen.

Sumber dari : 




Sekian Informasi yang dapat kami sajikan...... berbagi itu indah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar