Selasa, 27 Desember 2016

Manfaat Transfusi Darah

Manfaat Transfusi Darah

Sumber : www alodokter com

Bagi Anda yang mengalami kondisi yang berhubungan dengan kekurangan darah pasti setuju dengan ungkapan “setetes darah begitu berharga”. Apa saja kondisi yang bisa tertolong dengan transfusi darah?

    Kekurangan darah akibat melahirkan. Ada beberapa wanita yang mengalami pendarahan berat atau sering disebut pendarahan postpartum. Kondisi ini bisa menyebabkan anemia (kekurangan sel darah merah) dan memicu kematian. Transfusi sel darah merah dibutuhkan untuk kondisi ini.
    Menjalani operasi. Saat operasi Anda mungkin kehilangan banyak darah yang mengakibatkan penurunan jumlah sel darah merah.
    Infeksi dan luka bakar. Transfusi plasma darah mungkin diperlukan untuk mengatasi kondisi-kondisi ini.
    Menderita kanker. Kanker bisa menurunkan produksi sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit dalam tubuh Anda. Hal itu diperparah pula oleh obat-obatan yang digunakan dalam kemoterapi. Obat kemoterapi bisa juga menurunkan produksi darah.
    Gagal atau kerusakan hati yang parah. Anda yang menderita gagal hati mungkin memerlukan transfusi plasma darah. Penderita kerusakan hati bisa memerlukan transfusi albumin, yaitu protein darah.
    Kelainan darah. Buat Anda yang mengalami kondisi ini dan yang menjalani pengobatan transplantasi sel induk , mungkin akan menjalani transfusi sel darah merah dan trombosit.
    Pengidap thalasemia. Ini adalah kondisi dimana penderitanya mengalami gangguan pada hemoglobin dalam sel darah merah . Jika kondisi sudah parah, penderita mungkin akan memerlukan transfusi darah secara rutin.

Hingga kini, para ilmuwan sedang berusaha mengembangkan darah buatan. Namun, sejauh ini belum ada darah buatan yang bisa digunakan pada tubuh manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar